Sabtu, 29 Mei 2010

Cara membedakan madu asli dan madu palsu


Pada posting sebelumnya saya telah menulis artikel tentang Khasiat Madu. Pasti semua sudah tau jika madu mempunyai kasiat yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Tapi apa jadinya jika madu yang sangat bermanfaat di palsu oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. Pasti yang akan terjadi adalah orang – orang yang dulu sering mengkonsumsi madu pasti akan merasa kawatir dengan hal itu. Tapi jangan kawatir, karena sepandai – pandainya orang meniru , pastilah tak dapat menyamai ciptaan tuhan.

Jadi yang jelas pasti ada perbedaan antara madu asli dan madu palsu.
Maka dari itu saya membuat postingan ini, agar para pengkonsumsi madu tidak kawatir lagi dengan madu yang akan mereka konsumsi. Saya rasa penjelasannya dah terlalu panjang jadi langsung saja saya tulis :
Cara membedakan madu asli dan madu palsu
• Ambil sebatang korek api kayu, lalu celupkan ujung korek ( pentol korek ) pada madu yang akan di uji palsu apa tidak. Kemudian setelah pentol korek di celupkan ke madu, coba nyalakan korek tersebut, jika korek tersebut dapat hidup maka madu tersebut berarti asli, karena dalam madu yang asli kandungan air nya sangat sedikit.

• Cara yang kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.

• Cara yang ketiga, mencampurnya dengan telur ayam / bebek. Madu asli yang diaduk bersama telur akan membentuk gumpalan dan rasa telur berubah menjadi seperti sudah digoreng.

• Cara keempat, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

Demkian tips sederhana dari saya, tips diatas semoga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih madu yang akan di beli, karena sekarang juga makin padainya oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab meniru madu maka sebaiknya jika membeli madu, langsung saja kepeternak madu atau membelinya di tempat yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar