Sabtu, 23 Januari 2010

Sejarah Crop circle

Crop circle atau yang lebih dikenal dengan sebutan lingkaran ladang gandum adalah sebuah pola yang muncul dalam semalam pada ladang gandum dengan ciri merunduknya batangan gandum tersebut. Pada awalnya, crop circle hanya berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana, namun memasuki tahun 1980an, crop circle berkembang hingga memiliki pola yang rumit dan tidak hanya berbentuk lingkaran.
Istilah Crop circle pertamakali diperkenalkan oleh Colin Andrew, salah satu peneliti crop circle ternama di dunia. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui, namun crop circle ternyata tidak hanya muncul di ladang gandum, melainkan juga di ladang jagung, keledai, sawah dan kebun bunga.Sejarah Crop Circle

Sejarah Crop circle dapat dilacak hingga tahun 1678. Pada abad tersebut, ada sebuah ukiran kayu yang disebut "Mowing Devil" yang menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum.

Kisahnya mungkin sedikit mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Paginya lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.

Entahkan ini kisah nyata atau tidak, tidak ada yang bisa mengkonfirmasinya.Laporan Crop Circle yang lebih modern dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular.

Misteri lukisan pada pertanian atau crop circle selama ini belum ada penjelasannya. Misteri itu kembali menghangat saat Google menampilkannya di halaman muka. Crop circle dinilai sebagai bentuk karya seni alien. Benarkah?

Crop circle pertama kali menarik perhatian ketika difoto dari udara di ladang daerah Wiltshire Inggris. Sejak saat itu, daerah tersebut sering menjadi tempat kemunculan crop circle. Misalnya pada 2008, sebuah kode selebar 46 meter merepresentasikan sepuluh digit pertama dari Pi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PhotobucketPhotobucketPhotobucket
PhotobucketPhotobucketPhotobucket