Rabu, 09 Desember 2009

Bagaimana cara mengilangkan bau mulut ?

Bagai mana cara mengilangkan bau mulut ?
Saat berbicara dengan orang lain, Banyak orang yang tidak menyadari jika bau nafasnya kurang sedap atau sering disebut bau mulut. Karena orang yang bau nafasnya kurang sedap jarang mencium bau nafasnya sendiri, biasanya yang mengetahui adalah orang yang berbicara dihadapan orang tersebut.
Bau mulut sering dialami banyak orang. Walau terlihat sepele, dalam pergaulan dan komunikasi dengan orang lain pengaruhnya cukup besar. Kalian pasti akan merasa risih jika berbicara dengan orang yang bau mulut. Dan masalahnya kita akan merasa sungkan untuk memberi tau orang tersebut kalau nafas mereka bau.
Sebenarnya apa penyebab bau mulut, dan bagaimana cara mengatasinya ? Dalam dunia kedokteran, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Halitosis bias disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab utamanya, adalah plak yang tumbuh dimulut. Plak adalah bakteri, jamur serta sisa – sisa makanan kita yang kemudian membentuk lapisan tipis di gigi. Selain menyebabkan bau tak sedap, plak juga dapat mjenyebabkan kerusakan gigi.
Beberapa makanan dengan bau yang kuat juga dapat merangsang bau mulut. Bawang putih, bawang Bombay, dan beberapa bumbu masak lain. Ada juga makanan olahan, serta minuman yang dapat menimbulkan bau asam dimulut. Antara lain, tembakau, alcohol, dan juga sari buah. Beberapa masalah medis juga dapat menjadi penyebab bau mulut, seperti infeksi saluran pencernaan, infeksi tenggorokan, serta sinusitis.
Sebenarnya tubuh kita sudah dibekali penangkal bau mulut alami yakni saliva atau air ludah. Fungsi utamanya untuk menetralisir bakteri serta kuman yang ada dalam mulut. Oleh karena itu untuk menjaga produktivitas saliva atau air ludah, setiap habis makan, biasakanlah untuk meminum air dengan cukup. Atau bias juga dengan mengunyah permen karet. Kedua hal tersebut dapat merangsang produktivitas saliva atau air ludah.
Cara termudah lain mengatasi bau mulut, adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Pastikan benar – benar bersih ketika kalian menggosok gigi. Jika perlu gunakan dental floss untuk membersihkan sela – sela gigi. Pilih pasta gigi yang mengandung baking soda. Untuk menyegarkan nafas, mempertahankan kesegaran dan kebersihan mulut, serta memutihkan gigi.
Selain itu hal lain yang bias dilakukan untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap adalah dengan mengurangi makan makanan yang mempunyai aroma yang kuat serta dapat juga merangsang bau mulut. Kurangi juga makan makanan yang dapat merangsang produksi gas berlebihan dilambung. Gangguan di pencernaan akan menyebabkan bau mulut tidak sedap. Permen dengan aroma mint, serta banyak makan buah – buahan dan sayur – sayuran yang bergizi yang mengandung banyak kandungan air serta menyegarkan, namun apa bila masalah tersebut terus berlanjut maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan ahlinya.
Demikian tips yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar